Throwback to DKV 2
Merancang sebuah logo UMKM
September 14, 2023
Tri Bawa Yulianto Steven
202146500140
Logo adalah salah satu elemen terpenting dalam identitas merek. Ini adalah gambaran visual pertama yang pelanggan lihat saat berinteraksi dengan suatu usaha, baik itu di situs web, produk, brosur, atau media sosial. Sebuah logo yang kuat memiliki potensi untuk meningkatkan daya tarik merek, mengkomunikasikan nilai-nilai, dan membantu membedakan merek dari pesaing. Di dunia bisnis kuliner yang kompetitif, logo makanan yang menarik dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk menarik perhatian dan menciptakan kesan positif pada pelanggan potensial.
Saya pernah membuat suatu logo untuk UMKM Ayam Bakar Lumpur Abiyyu pada saat UTS mata kuliah DKV 2, saya dulu memang pernah membuat logo tapi hanya iseng saja, begitu saya dihadapkan oleh tugas UTS membuat sebuah logo untuk UMKM saya agak ketar-ketir karena bingung harus melakukan apa dan bagaimana tahapannya, tetapi saya tidak down, saya langsung menanyakan kepada teman sekelompok saya untuk mencari informasi tentang logo UMKM yang ingin dibuat ini, tugas UTS dkv 2 saat itu adalah tugas individu tapi dosen mengatakan bahwa tugas ini awalnya individu tapi saat UAS menjadi kelompok, jadi tiap kelompok diminta untuk mencari UMKM yang masih kecil dan kebetulan kelompok saya mendapatkan UMKM Ayam Bakar Lumpur Abiyyu.
Saat saya menanyakan apa hal yang pertama dilakukan, teman saya menjawab "kita bikin creative brief dulu tri, nanti pas udah dapat creative briefnya lu tinggal ubah make kata-kata lu sendiri", saya langsung berpikir "hmm.. begitu rupanya, baiklah". Setelah creative brief dibuat baru lah saya menemukan beberapa hasil dari creative brief tersebut, yaitu ; - Latar Belakang - Target Market - Media - Product Knowledge - Tujuan Objek/Objektif - Pesan yang ingin disampaikan - Attitude (Style & Tono) Gambar 1
Setelah saya membuat creative brief seperti yang tertera pada gambar 1, saya langsung membuat mind mapping untuk membantu saya memahami konsep secara lebih mendalam untuk membuat sebuah logo.
Gambar 2
- Tone and Manner Board untuk warna dan jenis font apa yang ingin digunakan
- Project Profile Board untuk objek apa yang ingin saya gunakan dalam membuat logo
- Competitor Profile Board untuk mengetahui tempat makan apa saja yang menjadi pesaing di sekitar lokasi itu
- Past Profile Board untuk memperlihatkan logo sebelumnya
Begitu tahapan mood board selesai maka waktunya saya membuat Morphological Matrix. Tujuan saya membuat Morphological Matrix agar saya mendapatkan objek yang berkaitan dengan Ayam Bakar Lumpur Abiyyu dan kemudian saya olah sedemikian rupa dengan ide saya tapi tidak menghilangkan identitas dari Ayam Bakar Lumpur Abiyyu.
Gambar 6
Gambar 8
Komentar
Posting Komentar